Berita yang Akan Digunakan Wartawan

 Sebuah rilis berita yang baik harus menjadi salah satu yang dapat dimasukkan ke dalam surat kabar dan tidak dapat dibedakan dari berita yang ditulis oleh seorang jurnalis. Dengan kata lain, itu harus ditulis dengan gaya yang sama seperti seorang jurnalis menulis berita.

Anda akan terkejut betapa banyak orang yang mengirimkan rilis berita kepada wartawan dengan anggapan keliru bahwa rilis tersebut berisi berita. Faktanya, sebagian besar rilis berita tidak mengandung berita sama sekali. Wartawan tahu ini. Dan mereka tidak menikmati waktu mereka terbuang sia-sia. Anda harus segera Kumpulan Berita Terbaru   menarik perhatian mereka.

Satu atau dua kalimat pertama dari rilis berita Anda disebut "intro" atau "lead". Ini adalah bagian terpenting dari rilis berita dan di situlah Anda meletakkan apa pun yang paling layak diberitakan dan paling menarik perhatian dalam apa yang Anda katakan. Anda tidak dapat menulis rilis berita yang baik tanpa petunjuk yang baik, dan Anda tidak dapat menulis petunjuk yang baik sampai Anda memutuskan apa yang penting. Anda harus menilai apa yang paling penting tentang apa yang ingin Anda katakan dan itu harus menjadi aspek yang paling signifikan dan paling menarik dari subjek Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa keunggulan Anda, dan ini adalah poin pertama yang paling layak diberitakan, Anda harus mengikuti rilis dengan poin kedua yang paling layak diberitakan, dan kemudian poin ketiga yang paling layak diberitakan. Poin Anda yang paling tidak layak diberitakan adalah kalimat terakhir Anda. Anda harus menulis rilis berita Anda sehingga jika Anda memotong satu atau dua kalimat terakhir, rilis Anda masih masuk akal.

Pastikan Anda menulis dalam "gaya berita" menggunakan jenis kata dan kalimat pendek dan sederhana yang akan digunakan wartawan. Cerita Anda harus terdengar seperti sesuatu yang mungkin muncul di surat kabar, radio, atau televisi. 

Sebagian besar berita menyertakan kutipan langsung dari "otoritas" yang terlibat dalam berita tersebut. Outlet media berita suka memiliki kutipan langsung karena mereka membantu "memanusiakan" sebuah cerita, tetapi jangan kaget jika Anda harus membuatnya. Menulis kutipan sebenarnya merupakan kesempatan ideal bagi Anda untuk memasukkan pesan-pesan kunci yang akan membantu rilis berita Anda "diambil" oleh media berita.

Dalam hal panjang, sebagian besar rilis berita tidak boleh lebih dari dua halaman A4 dengan spasi ganda atau satu setengah baris. Anda tidak harus mengisi kedua sisi - seringkali lebih sedikit lebih banyak. Tulis saja cukup untuk meyakinkan wartawan bahwa ada berita nyata di sana. 

Daftar periksa penulis rilis berita berikut adalah panduan yang berguna untuk membantu Anda tetap di jalur:-

1. Hanya sertakan informasi dalam rilis berita Anda yang akan dianggap jurnalis sebagai berita. Sebagai contoh: 

apakah cerita yang menarik bagi pembaca tidak berhubungan dengan klien saya? dan/atau

apakah itu mempengaruhi kehidupan khalayak media sasaran? dan/atau

apakah itu memiliki sudut lokal? dan yang paling penting,

apakah itu dibaca/terdengar seperti jenis berita yang saya lihat di koran dan lihat/dengar di tv dan radio?

2. Pastikan bahwa rilis berita tidak hanya berita, tetapi juga menyampaikan pesan utama kepada audiens target Anda

3. Tulis judul yang menarik perhatian yang berbau layak diberitakan. Pastikan Anda telah memasukkan item yang paling layak diberitakan ke dalam beberapa kalimat pertama

 4. Gunakan kata dan kalimat pendek dan sederhana yang akan digunakan wartawan untuk memudahkan mereka menangkap pesan utama

5. Tulis rilis berita pada kertas A4, tidak lebih dari dua sisi dengan spasi ganda atau satu setengah baris.  

6. Cantumkan semua detail kontak dan tanggal distribusi rilis , yang menyatakan apakah rilis segera atau sertakan tanggal dan waktu embargo. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Frasa dalam Bahasa Inggris

Tunjukkan Kebanggaan Sepak Bola

Menyewa Mobil di Jakarta: Pilihan Terbaik untuk Liburan yang Lebih Bebas